oleh

Sosialisasi Perda ASI, Galmerya Paparkan Pentingnya Ruang Laktasi

Makassar,Inisulsel.com – Pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif diupayakan melahirkan generasi-generasi yang berkualitas. Saat ini, pemerintah telah hadir membuat regulasi untuk mendukung pemberian ASI eksklusif.

Hal itu disampaikan Anggota DPRD kota Makassar, Galmerya Kondorura pada kegiatan Sosialisasi angkatan 15, Perda kota Makassar nomor 3 tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif.

Kegiatan tersebut digelar di Hotel Harper, Makassar pada Minggu (18/09/2022). Menghadirkan dua narasumber yaitu Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar dr. Nursaidah Sirajuddin dan Pemerhati Perempuan dan Anak, Lusia Silulungan.

“Perda ini dibuat untuk memberikan hak sepenuhnya kepada anak memperoleh ASI mulai 0 sampai 2 tahun. Khusus ASI eksklusif sampai enam bulan pertama,” kata Legislator PDIP itu.

Untuk memaksimalkan pemberian ASI ini, Galmerya berharap, kantor pemerintahan hingga swasta memperbanyak ruang laktasi yang layak. Apalagi, pekerja perempuan masih sering ditemukan utamanya di perusahaan.

“Saya lihat ruang laktasi belum maksimal. Makanya penting untuk diimbau agar ruang laktasi ini diperbanyak,” ungkapnya.

Narasumber Kegiatan, Kepala Dinkes Makassar, dr. Nursaidah. (NL)

Terpisah, Narasumber Kegiatan, dr. Nursaidah menjelaskan, Perda ini sangat penting diketahui khususnya mereka yang mulai merencanakan pernikahan. Karena regulasi tentang ASI memaparkan manfaat dan kewajiban orang tua ke anak.

“ASI Eksklusif ini, enam bulan pertama wajib diberikan ke bayi. Tidak boleh dicampur dengan yang lainnya,” ucap dr. Nursaidah. (Shadiq)