oleh

Sosialisasikan Perda TSLP, Andi Astiah: Masyarakat Wajib Dapat Manfaat

Makassar,Inisulsel.com Anggota DPRD Kota Makassar, Hj. Andi Astiah menilai Tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan wajib diketahui oleh perusahaan. Melalui aturan ini, mereka diwajibkan untuk memberikan Corporate Social Responsibility (CSR).

Demikian disampaikan dirinya saat Sosialisasi angkatan 15, Peraturan Daerah Nomor 02 tahun 2016 tentang Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan di Hotel Royal Bay Makassar, Selasa (27/09/2022).

Kegiatan legislator PKS ini menghadirkan dua narasumber yaitu, Lurah Kalukubodoa, Suryadi dan Akademisi Saparuddin,SH.

“Sudah tanggung jawab perusahaan dan sangat penting untuk diketahui. TSLP ini merupakan kewajiban perusahaan untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah,” jelas Astiah.

Begitu juga dengan masyakarat, Anggota Komisi C Bidang Pembangunan ini mengungkapkan bahwa mereka perlu paham terkait TLSP ini. Sebab masyarakat memiliki hak dalam aturan ini.

“Di daerah kita ini banyak berdiri perusahaan hingga pergudangan, tapi manfaatnya masih minim dirasakan makanya ini perlu ditindaklanjuti lewat perda,” ujarnya.

Sosialisasi Perda TLSP di Hotel Royal Bay. (Fj)

Semestinya anggaran CSR tersebut bisa mengakomodir lingkungan sekitar, baik dalam bentuk bantuan ataupun penyerapan tenaga kerja. Namun hal ini justru minim ditemui.

Bahkan jarang sekali ditemui anggaran CSR yang dapat dirasakan saat bencana terjadi, baik itu kebakaran, banjir atau hal lain.

“Jangan sampai CSR itu dibawa ke luar kota masih banyak warga kita masih banyak kebutuhan. Terutama yang hadir adalah rata-rata korban kebakaran. Jangan cuma diberi asap polusi dan hal lain yang ditimbulkan. Kalau bisa diberikan hal baik,” tegasnya. (Shad)