oleh

Putera Daerah Sinjai Dikukuhkan Jadi Guru Besar di PNUP

Makassar,Inisulsel.com – Putera daerah Sinjai dari Tondong, Kecamatan Sinjai Timur, Prof. Dr. Hamzah Yusuf,M.Sc dikukuhkan sebagai Guru Besar Politeknik Negeri Ujungpandang (PNUP), Rabu (28/9/2022) pagi.

Prof. Dr. Hamzah Yusuf,M.Sc adalah guru besar ke-9 yang dimiliki Politeknik. Ia dikukuhkan bersama dua Guru Besar lainnya di Auditorium Kampus 2 PNUP Moncongloe, Kabupaten Maros.

Prof. Hamzah, sapaannya, adalah anak ke-2 dari pasangan H. Muh. Yusuf Abdullah dan almarhumah Hj. Niswa Yaqub. Dilahirkan di Makassar 1 November 1958. Prof. Hamzah masih dalam garis keturunan seorang Ulama Besar di Kabupaten Sinjai. Ia adalah cicit dari KH. Hasan Syuaib atau Kali Cambang yang diketahui anak keturunannya banyak menjadi tokoh agama, dan tokoh pendidikan di Sulawesi Selatan, Khususnya Sinjai.

Pendidikan Formal Prof. Hamzah dilewati di Makassar, mulai TK hingga tamat tahun 1976 di SMA 151 Ujungpandang atau lebih dikenal saat ini SMA 1 Makassar. Lalu melanjutkan pendidikan di program Diploma Sarjana Muda di Fakultas Teknik jurusan Teknik Sipil UNHAS kemudian meraih gelar Insinyur tahun 1985 di Fakultas yang sama.

Prof. Dr. Hamzah Yusuf,M.Sc (dua dari kiri) dalam suatu acara di kampus PNUP. (dok.PNUP)

Tahun 1990, suami dari Ir. Saidah Suyuti, M.Si ini melanjutkan Pendidikan Magister di Institut Teknologi Bandung Jurusan Geodesi Teknik Sipil, dan selesai tahun 1993. Tahun 2013, ayah dari 6 putra-putri ini meraih gelar Doctoral di UNHAS dengan judul disertasi “Studi karakteristik stabilisasi tanah pengerukan sebagai model sun grad e jalan perkerasan rigid”.

Jenjang karir Prof. Hamzah dimulai sebagai Dosen PNS di Politeknik Ujungpandang, lalu diamanahkan sebagai Pembantu Direktur III periode 1993-1996, lanjut menjadi Pembantu Direktur II selama 2 periode 1996-2004. Puncak kariernya diamanahkan sebagai Direktur Politeknik Ujungpandang yang ke-5 periode 2014-2015.

(ZAR)