oleh

Perda Perlidungan Anak, Legislator PDIP Mesakh Rantepadang Ajak Masyarakat Partisipasi Program Pemerintah

Makassar,Inisulsel.com – Anggota DPRD Kota Makassar, Mesakh R. Rantepadang, kembali menemui konstituen. Agendanya, sosilaisasi angkatan 16 dengan mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar nomor 5 tahun 2018 tentang Perlindungan Anak di Hotel Maxone, Sabtu (29/10/2022).

Politisi PDIP ini, pembuatan perda ini, memberikan payung hukum untuk anak. Artinya, segala kebutuhan dan hak anak menjadi prioritas dan perhatian pemerintah. Sebab, ada sanksi bagi mereka yang melanggar perda ini.

“Perda ini bisa melindungi anak-anak kita dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi. Ini tujuan regulasi dibuat,” jelas Mesakh.

Ia mengajak peserta untuk membantu menyebarluaskan Perda tentang Perlindungan Anak, sehingga masyarakat tahu mereka memiliki kewajiban melindungi anak.

“Saya minta warga ikut membantu sebarluaskan perda di lingkungan masing-masing,” jelasnya.

Narasumber yang jugas hadir yaitu, Kepala Bidang Perlindungan Perempuan Dinas PPPA Kota Makassar Hafidah Djalante dan Kepala UPT Perlindungan Perempuan dam Anak Prov. Sulsel Meisy Papayungan.

Terpisah, Narasumber Kegiatan, Hafidah Djalante menyampaikan, latar belakang lahirnya Perda ini yakni untuk melindungi anak-anak dari kejahatan orang dewasa. Mulai dari kasus kekerasan rumah tangga hingga yang terjadi di masyarakat berpotensi terus terjadi.

“Pemerintah wajib membuat aturan untuk melindungi anak-anak. Karena banyak kasus-kasus yang bisa mengarah pada kekerasan anak,” jelasnya. (SAT)