oleh

Sosialisasi Perda RTRW, Irwan Djafar Harap Jadi Acuan Dalam Pembangunan yang Tertata

Makassar,Inisulsel.com – Anggota DPRD Kota Makassar Irwan Djafar mensosialisasikan Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Makassar Tahun 2015 – 2034 di Hotel Grand Maleo, Rabu (30/11/2022).

Agenda ini dilakukan dalam rangka sosialisasi Angkatan 20, dengan menghadirkan dua narasumber DR. Muh Fuad Azis Sekdis Penataan Ruang,Kota Makassar dan Andi Ahmad Muhajir Kabid Penataan ruang Makassar, Moderator Basri Rahman.

DR. Muh Fuad Azis Sekdis Penataan Ruang,Kota Makassar . (fj)

Menurut Irwan, RTRW adalah rencana tata ruang yang bersifat umum dari wilayah kota Makassar yang mengacu pada Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, Rencana Tata Ruang Pulau/Kepulauan dan Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional.

“Dengan adanya ini, memudahkan perencanaan pembangunan yang lebih tertata, termasuk dalam mengakomodir dan mengawasi masyarakat hingga kalangan pengusaha dalam hasl pembangunan,” jelasnya.

Dalam Perda tersebut, mencakup struktur ruang berupa pusat kegiatan dan jaringan infrastruktur serta pola ruang berupa kawasan lindung, permukiman, kehutanan, kelautan, pertambangan, pertanian dan lingkungan.

Lanjut legislator Nasdem itu, hal ini sebagai edukasi warga soal tata ruang. Di mana, masyarakat diimbau agar tidak membangun tanpa ada izin dari pemerintah. Sebab, hal itu membuat tata ruang kota tidak semrawut.

“Perda ini dilahirkan sebagai alat untuk mengawasi masyarakat. Jangan sampai tidak sesuai perda,” tukas Irwan.

(Sat)