oleh

515 Karya Lukisan Kaligrafi, Prof Azis Ahmad Pecahkan Rekor Muri

Makassar,Inisulsel.com –Guru besar Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. H. Abd. Azis Ahmad berhasil memecahkan rekor muri dengan kategori “Guru Besar dengan Karya Kaligrafi Terbanyak” pada pameran tunggalnya di Kabupaten Wajo,Sabtu, 3 desember 2022.

Pameran tunggal tersebut merupakan rangkaian kegiatan Muktamar As’adiyah ke XV yang berlangsung di Kabupaten Wajo 3-5 desember 2022 yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’Ruf Amin dan Menteri Agama Yougut Cholil Qauma.

Prof Azis menerima penghargaan rekor muri. (Dok. Pribadi)

Pada pameran tunggalnya, Prof Abd. Azis Ahmad mengangkat tema “Dakwah Melalui Aksara” dengan menampilkan 515 karya lukisan kaligrafinya yang dibuat sejak 1 tahun terakhir.

Karya yang ditampilkan tersebut ialah lukisan Kaligrafi Islam dengan menggunakan aksara Lontara. Menurut Prof Aziz, bahwa aksara Lontara merupakan identitas daerah dan merupakan nilai-nilai leluhur yang sangat berharga dan juga satu dari lima aksara dunia. Sehingga Guru besar dibidang Seni ini mengaku senang dapat menampilkan identitas daerah melalui karya seni.

Sosok Prof. Azis dikenal sebagai seniman yang konsisten menghasilkan karya tiap harinya. Hal ini sejalan dengan karya lukisan kaligrafi yang dibuatnya sebanyak 515 melebihi jumlah hari dalam tiap tahunnya.

Dekan Fakultas Seni dan Desain Dr. Tangsi, M.Sn menyampaikan penghargaan setinggi-setingginya serta mengapresiasi atas karya seni yang telah di pamerkan oleh Prof. Azis, yang juga Guru Besar Fakultas Seni dan Desain.

Lanjut Tangsi, Prof. Azis merupakan sosok teladan yang banyak mempersembahkan karyanya untuk institusi serta selalu menjadi motivasi bagi seniman-seniman muda khususnya di wilayah Indonesia Timur.

(Sat)