oleh

Pemda Soppeng dan Perhimpunan Wija Raja Lapatau Bakal Gelar Budaya GAU Maraja

Makassar,Inisulsel.com – GAU Maraja, sebuah kegiatan besar adat dan budaya akan berlangsung di kabupaten Soppeng, pertengahan 2023. Guru besar Unhas Prof Muhlis Hadrawi mengungkap, pergelaran akbar nusantara paling besar sepanjang 10 tahun terakhir.

”Banyak kegiatan adat dan budaya berlangsung selama 3 hari di Soppeng pertengahan tahun depan,” kata Prof Muhlis saat rapat bersama dengan Pemda Soppeng dengan Perhinpunan Wija Raja Lapatau.

Sebelumnya pernah digelar pementasan lagaligo 2017, kali ini akan datang smeangaf internasional sekitar 10 negara pembicara.

”Bisa jadi sampai 15 negara dengan tema, politik, budaya dan ketahanan pangan,” ujar guru besar budaya ini. Pagelaran adat dan budaya menurut pengurus Perwira Andi Dahrul, ingin dibuat lebih besar dan unik. Ada mappadendang, dengan konsep 700 lebih orang yang terlibat dengan pakaian baju bodo. Insya Allah masuk rekor,” ungkap Andi sekertaris wija ini.

Kepala bidang kebudayaan Soppeng Dr Karim, menyambut baik rapat bersama ini.”Kita kemas besar dengan standar biaya yang tidak melanggar,” katanya.

Selain itu, pihaknya berpesan tidak ada yang menempel dan ditempeli.

”Konsentrasi harus satu tempat besar dengan percikan ke ompo atau takkalllala misalnya.” ujarnya.

Selain Prof Muhlis, hadir langsung ketua umum Perwira Andi sapri Pamulu yang langsung datang dari Jakarta, guru besar unm Prof Andi Kasma, dosen senior Dr Andi Akhmar dan dinas kebudayaan soppeng.

(Rahma)