oleh

Pesta Adat Terbesar Siap Dilaksanakan di Soppeng Disertai Seminar Internasional 11 Negara Siap Hadir

-BERANDA-261 views

MAKASSAR,Inisulsel.com – Pesta adat terbesar bakal dilaksanakan di Soppeng tahun 2023 ini. Gelaran budaya bertajuk Gau Maraja itu akan disertakan dengan seminar internasional.

Melalui seminar internasional itu ada 11 perwakilan negara yang siap hadir. Disertai 15 orang jadi pembicara untuk kategori luar negeri.

Pesta adat terakbar itu pun akan digelar dengan berbagai pertunjukan seni tradisional. Bahkan musik-musik tradisional dengan aransemen terbaik seniman Sulsel.

Pesta adat terakbar ini digagas langsung oleh Akademisi Unhas, Pemerintah Kabupaten Soppeng, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BNPB) Sulsel, Perhimpunan Wija Raja Lapatau (Perwira), dan tokoh budaya serta seniman Sulsel.

Guru besar Unhas, Prof Muhlis Hadrawi mengatakan hingga saat ini sudah ada 11 negara siap hadir. “15 orang akan menjadi pembicara sebagai perwakilan luar negeri,” ujarnya melalui pernyataan tertulis yang disampaikan Jubir Perwira, Andi Fadli. Rabu (15/02/2023).

Andi Fadli menyampaikan, sesuai dengan informasi berbagai pihak bahwa Gau Maraja ini merupakan pesta adat terbesar yang akan dilakukan dalam 10 tahun terakhir.

“Disini semua elemen akan terlibat, bersama-sama dalam melestarikan budaya,” pria yang akrab disapa Puang Fadli itu.

Dosen UIN Alauddin itu menambahkan, pada Gau Maraja itu tidak hanya seminar internasional, juga akan ada pertunjukan tari tradisional. Tarian yang digagas langsung Maestri Tari Indonesia, Andi Abdi Bashit atau lebih dikenal dengan panggilan Cucut. (*)