oleh

Bersama BKKBN, Aliyah Mustika Imbau Ibu Hamil Penting Kenali Makanan Sehat Cegah Stunting

 

Makassar,IniSulsel.com – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham tak hentinya gencarkan bekali masyarakat Sulawesi Selatan khususnya pada ibu di kota Makassar dalam menekan angka stunting.

Hal ini dimaksimalkan bersama BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan melalui Internalisasi Pengasuhan Balita dalam rangka percepatan penurunan stunting kepada masyarakat di Hotel Aswin Makassar, Jumat (17/3/2023).

“Ibu adalah tonggak utama mencegah stunting. Untuk itu sangat penting ibu kenali makanan sehat untuk pemenuhan gizi keluarga dan hal tersebut dilakukan baik masa hamil hingga pada pengasuhan,” jelas Aliyah Mustika.

Untuk itu, sambung Aliyah butuh pendampingan dan perhatian khusus pada ibu hamil. Baik itu kata Aliyah, pengenalan makanan sehat hingga edukasi pengasuhan anak.

“Dan pembekalan inilah terus kami masifkan. Apalagi penyebab stunting ini sangat kompleks mulai dari pengetahuan tentang kesehatan yang rendah, pernikahan dini dan tak kalah pentingnya adalah menyoal ekonomi,” sebut Aliyah.

Aliyah berharap, pembekalan ini bisa memberikan kebermanfaatan. “Apalagi tentu kami semua tidak ingin generasi penerus bangsa tidak berkualitas kedepannya. Sehingga diharapkan kegiatan ini bisa menjadi cikal bakal lahirnya generasi emas mendatang,” terang Aliyah.

Senada diungkapkan, Kepala Badan KB Kota Makassar, Chaidir, jika stunting di Makassar saat ini masih terbilang tinggi.

“Angka stunting di Kota Makassar saat ini masih 18 persen. Sehingga tentu butuh peran semua pihak untuk menekan angka stunting tersebut sebagaimana hal ini juga ditargetkan secara nasional,” jelasnya.

Sekadar diketahui, kegiatan tersebut turut dihadiri perwakilan BKKBN Sulsel serta diikuti ratusan peserta ibu hamil dan ibu menyusui dari berbagai kecamatan di kota Makassar. (SDK)