oleh

Aliyah Mustika Ilham, gelar sosialiasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Gowa,IniSulsel.com, – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, gelar sosialiasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam upaya pencegahan penyakit menular dalam mendukung transformasi kesehatan politeknik kesehatan.

Sosialisasi ini bekerja sama dengan Poltekkes Kemenkes Makassar, memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya gerakan masyarakat hidup sehat, guna mencegah dari berbagai penyakit menular.

Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam upaya pencegahan penyakit menular dalam mendukung transformasi kesehatan politeknik kesehatan kementerian kesehatan Makassar.

Sosialisasi yang digelar di Gedung Gelora, Sabtu (03/06/2022) dihadiri pula oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Gowa, drg Abdul Haris Usman dan Direktur Poltekkes Kemenkes Makassar, Dr Drs Rusli.

Dalam kesempatan tersebut, drg Abdul Haris menyampaikan bahwa pengetahuan masyarakat sangat mempengaruhi upaya pencegahan penyakit penular. “Keberhasilan pencegahan ini tidak cukup hanya dipenuhi oleh ketersediaan tenaga medis saja, tetapi juga membutuhkan dukungan semua sektor dan pemangku kepentingan, termasuk tokoh masyarakat,” ujarnya.

“Beberapa hal telah dilakukan seperti fogging, namun perlu dilanjutkan dengan gerakan hidup sehat masyarakat, dengan memastikan tidak ada tempat genangan air, agar nyamuk tidak dapat berkembang biak. Selain itu, menggunakan anti nyamuk, memelihara ikan pemangsa jentik, ataupun menanam tanaman pengusir nyamuk,” ujarnya.

Selain itu, penyakit lainnya yang perlu diwaspadai seperti rabies dan TB Paru. Penyakit TB Paru pada umumnya disebabkan oleh asap karbon monoksida yang kerap kita saksikan langsung melalui rokok, dan ini merupakan penyebab perilaku.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan taraf kesehatan masyarakat di Kab. Gowa. (sat)