oleh

Tim PKM FSD UNM Latih Guru SDN PAO-PAO Gowa Bernyanyi Menggunakan Teknologi QR-CODE

Makassar,Inisulsel.com – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar (UNM) pada tanggal 10 Juli 2023 telah melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat bersama guru SD Negeri Pao-Pao Kabupaten Gowa, tim PKM merupakan dosen Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar yang terdiri dari Dr. Sumiani, M.Hum, Dr. Jamilah, M.Sn. dan Sri Wahyuni Muhtar, S.Pd, M.Sn. PKM PNBP Kampus 5 UNM Pare-Pare ini menghasilkan video tutorial penggunaan teknologi QR-Code dalam latihan bernyanyi. Silakan klik link berikut untuk akses luaran PKM ini : https://youtu.be/7IoTpZh_1ec

Lokasi pengabdian tim FSD UNM di Jalan Abd. Muthalib Dg. Narang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.

Pelatihan diawali dengan pengenalan teknologi QR-Code serta strategi penerapan QR-Code di Sekolah Dasar. Manfaat penggunaan teknologi QR-Code juga diuraikan sebagai materi pelatihan agar dapat dipahami secara praktis oleh mitra, simulasi pembuatan QR-Code diikuti oleh para guru dalam mengemas informasi secara digital.

FSD UNM di SDN Pao-Pao

Selanjutnya, tim PKM menggunakan QR-Code sebagai iringan latihan dasar bernyanyi untuk digunakan sebagai media ajar guru setiap mata pelajaran di SD Negeri Pao-Pao Kabupetan Gowa. Materi latihan berupa vocalizing dan latihan pernafasan menggunakan teknologi QR-Code.

Partisipasi mitra dalam menguasai teknik dasar bernyanyi diwujudkan dengan praktik menyanyikan lagu nasional secara harmonis. Guru SD negeri Pao-Pao Kabupaten Gowa juga telah mampu mendesain teknologi QR-Code dalam pembelajaran Sekolah Dasar.

Harapan tim pengabdi setelah pelatihan ini dilaksanakan yaitu guru mampu memanfaatkan teknologi QR-Code dalam mencapai tujuan pendidikan di Sekolah Dasar serta mampu mengemas seni vokal menjadi media ajar yang menyenangkan bagi peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.

Tim PKM FSD UNM juga mengucapkan banyak terima kasih kepada guru dan Kepala Sekolah Dasar Negeri Pao-Pao Kabupaten Gowa atas kerjasamanya dalam menyukseskan pelatihan ini.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar akan selalu melakukan inovasi dan dedikasi bagi negeri untuk Indonesia maju. (Sat)