oleh

FSD UNM Gelar Penyambutan dan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa (PKKMB) Mahasiswa Baru 2023/2024

Makassar,Inisulsel.com – Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar (FSD UNM) kembali mengadakan penyambutan dan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa (PKKMB) bagi Mahasiswa Baru FSD UNM Tahun Ajaran 2023/2024 pada Selasa (15/82023). PKKMB FSD UNM merupakan penyambutan Mahasiswa Baru pada tingkat fakultas yang dilaksanakan di Baruga Colliq Pujie FSD UNM.

Mahasiswa baru FSD UNM kali ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, diantaranya Nusa Tenggara Timur, Fak Fak Papua Barat, Jawa Barat, Kalimantan dan berbagai daerah lainnya di pulau Sulawesi. Selain itu, salah seorang mahasiswa baru Prodi Desain Komunikasi Visual berasal dari Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Malaysia.

Dr. Hj. Heriyati Yatim, M.Pd selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa mahasiswa baru FSD yang mengikuti PKKMB pada Tahun Ajaran 2023/2024 ini berjumlah 409 orang.

“Mahasiswa baru FSD UNM berjumlah 409 orang yang terdiri dari 4 program studi, yaitu Prodi Seni Tari sebanyak 32 orang, Prodi Desain Komunikasi Visual sebanyak 195 orang, Prodi Pendidikan Sendratasik (Seni Drama, Tari dan Musik) sebanyak 117 orang, serta prodi Pendidikan Seni Rupa sebanyak 65 orang,” tutur Heriyati Yatim yang juga Wakil Dekan III FSD UNM.

PKKMB FSD UNM resmi dibuka oleh Dekan, Dr. Tangsi, M.Sn. Dalam sambutannya, Tangsi menyambut kedatangan mahasiswa baru serta memberikan bekal berupa kiat-kiat untuk menghadapi proses belajar di perguruan tinggi,

“FSD itu fakultas yang menyenangkan, jadi belajar di FSD itu menyenangkan karena ilmu terintegrasi dengan Seni. Meskipun terlihat santai, mahasiswa FSD harus tetap belajar dengan serius dan selalu menghasilkan karya-karya terbaik. Apalagi mahasiswa hari ini menghadapi tantangan besar dalam belajar, terutama dengan kemajuan pesat bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Nah teknologi itu harusnya justru bisa dimanfaatkan untuk berkreasi,” tegasnya.

Wakil Rektor II Universitas Negeri Makassar, Prof. Dr. H. Karta Jayadi, M.Sn. yang sempat hadir pada PKKMB FSD UNM dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa harus menemukan dan menumbuhkan karakter dirinya masing-masing untuk bisa menghasilkan karya-karya hebat dengan ciri khas masing-masing,

“Karakter diri mahasiswa harus kuat. Mahasiswa itu harus cerdas dan berkarakter jadi bisa menghasilkan karya yang juga berkarakter kuat dan dengan ciri khas masing-masing,” ungkap Karta Jayadi.

Sesi kedua PKKMB dilanjutkan dengan pemaparan berbagai materi yang dibawakan oleh para Wakil Dekan lingkup FSD UNM. Beberapa materi, diantaranya berkaitan dengan peraturan akademik, sistem administrasi, pengenalan bidang dan lembaga kemahasiswaan serta pengenalan sistem akademik dan KRS Online. Kemudian, pada sesi berikutnya dilanjutkan dengan kegiatan perkenalan masing-masing program studi.

Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung selama satu hari. Diharapkan melalui PKKMB ini para mahasiswa baru dapat lebih mengenal lingkungan belajar (lingkungan akademik) mereka dan menjadi semakin termotivasi untuk menghasilkan karya-karya hebat. (Sat)