oleh

Soal Stadion, Tokoh Masyarakat Sulsel, Pj Bahtiar Mewujudkan Impian Yang Hilang

-BERANDA-43 views

MAKASSAR,Inisulsel.com – Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin telah memilih Kawasan Sudiang sebagai lokasi yang akan digunakan untuk membangun stadion bertaraf internasional di Sulawesi Selatan. Memilih Kawasan Sudiang Kecamatan Biringkanayya kota Makassar sebagai respon dari Pj Bahtiar saat Presiden Joko Widodo menyetujui pembangunan stadion di Sulawesi Selatan.

“Saya sekali lagi tidak bisa menyembunyikan kebahagiaan karena hal yang sangat lama didambakan masyarakat kita. Insya Allah tahun ini akan diwujudkan oleh Bapak Presiden kita, Bapak Ir.Joko Widodo dan saya sekali sebagai Gubernur sangat berterima kasih,” kata Pj Bahtiar Baharuddin saat menyampaikan perintah Jokowi melalui Door Stop usai mengantar Presiden hingga ke tangga pesawat menuju Manado Sulawesi Utara, Kamis (22/2).

Menanggapi hal tersebut tokoh masyarakat Sulawesi Selatan yang juga tokoh olahraga di daerah ini Andi Ilhamsyah Mattalatta mengaku menyambut antusias atas insiatif Pj Gubernur Bahtiar yang memilih Kawasan Sudiang sebagai lokasi pembangunan stadion. Apalagi pembangunan stadion tersebut datang langsung dari Presiden Jokowi.

“Ini sudah sangat tepat sekali. Apalagi memang telah menjadi perencanaan sejak puluhan tahun lalu” ujar Ilham Mattalata, Sabtu (24/2/2024).

Ilham bercerita bahwa Kawasan Sudiang memang sudah sejak lama dipersiapkan untuk membangun stadion sepak bola termasuk Kawasan olahraga atau istilahnya saat ini adalah Sport Centre. Setidaknya rencana tersebut pada tahun 1990an pada era Gubernur Prof. Amiruddin.

“Bayangkan mulai dari Prof Amiruddiin, HZB Palaguna hingga Amin Syam. Tiga periode rencana itu lalu kemudian Pj Bahtiar mewujudkan rencana dan impian tersebut sehingga hal ini sangat perlu kita apresiasi dan sambut positif. Bayangkan 25 tahun lalu dan tiba tiba berhenti,” ujar Ilhamsyah yang juga Dewan Pembina Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS).

Lalu kemudian lanjut putra sulung Andi Mattalatta itu hadir Pj Bahtiar yang memilih Kawasan Sudiang sebagai lokasi membangun stadion.

“Bagus sekali…bagus sekali…pemikiran Penjabat Gubernur yang menetapkan kembali saya kira itu sangat tepat,” tambah Ilhamsyah yang berharap di Sudiang kelak bukan hanya menghadirkan stadion sepak bola tetapi juga hadir sarana olahraga lainnya.

Pembangunan stadion akan dieksekusi oleh Kementerian PUPR sebagaimana perintah langsung dari Presiden Jokowi kepada Menteri PUPR Basuki dan disaksikan oleh Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin dan Menteri BUMN Erick Thohir yang juga Ketua Umum PSSI.

Usai mendengar perintah Presiden kepada Menteri Basuki, Pj Gubernur tak menyia nyiakan waktu pada saat itu dan langsung menyerahkan proposal kepada Menteri PUPR di hadapan Presiden Jokowi. Pemprov akan menyediakan seluas 20 hektar lahan dari total luas lahan 75 hektar di Kawasan Sport Centre Sudiang. “Tugas saya menyiapkan lahan yang clear milik pemerintah sendiri” ujarnya.

Saat ini Pj Bahtiar telah membentuk tim untuk segera menyelasaikan proses administrasi pembangunan stadion di Sudiang yang terdiri dari Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas PUPR dan OPD yang terkait. Termasuk pelibatan Walikota Makassar Moch Ramadhan Pomanto yang akan membangun jalan masuk ke stadion tersebut sebab lokasinya di kota Makassar. Bahtiar yang juga Dirjen Kememndagri ini menambahkan bahwa tim yang dibentuk tersebut segera bekerja sebab tahun ini juga Presiden Jokowi akan membangun beserta Kementerian PUPR akan mengucurkan anggarannya.(Press Realease)