oleh

Anggota DPRD Makassar Kartini Harap Kesadaran Masyarakat Soal Pengelolaan Sampah

-BERANDA-48 views

Makassar,Inisulsel.com – Persoalan sampah di Kota Makassar tak akan pernah habis untuk dibahas. Tingginya angka sampahnya membuat pemerintah terus berpikir untuk mengelola. Masyarakat juga diminta berperan dengan bijak perihal sampah.

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Kota Makassar, Hj Kartini saat menggelar sosialisasi angkatan 6 terkait Perda nomor 4 tahun 2011 tentang pengelolaan sampah di Hotel Karebosi Primer, Rabu (06/03/2024).

“Tanpa kesadaran kita, mustahil kita bisa menangani sampah dengan baik. Makanya kita minta masyarakat bijak dalam mengelola sampah,” kata Kartini.

“Perlu ditanamkan bahwa sampah itu sangat penting dan bermanfaat ekonomi dan kesehatan kalau dikelolah sampah dengan baik,” tukasnya.

Terpisah, Narasumber Dr. Andi Ririn Octaviani, ST, MM (Dosen ITB Nobel Indonesia) mengatakan, Indonesia menjadi salah satu produsen sampah terbesar di dunia. Setiap tahun, ada jutaan matriks sampah yang dihasilkan lantaran minimnya pengelolaan sampah.

“Hingga 2018, Indonesia tercatat penyumbang sampah terbanyak di dunia. Inilah realitas yang kita hadapi,” papar Dr. Andi Ririn.

Ada tiga cara atau upaya agar pengelolaan sampah di Indonesia bisa terkendali. Pertama, kebijakan pemerintah pusat, membuat regulasi dan partisipasi masyarakat.