oleh

Dosen FBS UNM Bekali Mahasiswa Membuat Leaflet Bertema Kewirausahaan

-BERANDA-66 views

 

Makassar,Inisulsel.com-Tiga Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM), yaitu Aswati Asri, S.Pd., M.Pd., Dr. Hajrah, S.S., M.Pd., dan Dr. Baharman, S.S., S.Pd., M.Pd. melatih pembuatan Leaflet bertema Kewirausahaan kepada Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Daerah di Kampus FBS UNM, Parangtambung, Makassar.

Aswati Asri, S.Pd., M.Pd. menuturkan bahwa menjadi wirausaha muda merupakan kebanggaan tersediri bagi mahasiswa di tengah persaingan kerja yang semakin kompetitif dan sempitnya lapangan kerja yang tersedia.

Berwirausaha perlu dijadikan prioritas utama mahasiswa di samping prioritas keilmuan yang dikuasai dan dikembangkan.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa membuat Leaflet dalam upaya mempromosikan usaha yang akan mereka kembangkan dan jalankan. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Universitas Negeri Makassar.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak bulan Juni-Desember 2023. Dilakukan secara bertahap sebab mahasiswa diberikan tugas proyek membuat Leaflet promosi usahanya maupun membuatkan Leaflet untuk kenalan, sahabat, maupun keluarganya.

Senada dengan itu, Dr. Hajrah, S.S., M.Pd., mengungkapkan bahwa media Leaflet merupakan salah satu bentuk media promosi yang populer digunakan untuk memperkenalkan dan mempromosikan usaha.

Leaflet juga dikenal sebagai brosur atau pamflet, dapat berisi informasi singkat tentang produk, layanan, atau acara yang ingin dipromosikan. Leaflet terjangkau dan mudah disebarluaskan.

Selanjutnya Dr. Baharman, S.S., S.Pd., M.Pd. menguraikan bahwa Leaflet menyediakan ruang yang cukup untuk desain kreatif dan menarik perhatian. Dengan desain yang menarik, Leaflet dapat menjadi alat yang efektif untuk menarik minat dan memotivasi orang untuk mencari tahu lebih banyak tentang usaha yang sedang dirintis.

Dr. Baharman, S.S., S.Pd., M.Pd.

Kegiatan bertajuk Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan kegiatan rutin, tiap tahun dilakukan oleh setiap dosen di kampus pencetak guru tersebut di berbagai daerah untuk peningkatan kompetensi mitra PKM.

Kegiatan PKM ini diikuti sebanyak 43 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Makassar yang dilaksanakan sejak Juni hingga Desember 2023.

Secara umum, PKM ini dilaksanakan dengan cara coaching clinic pembuatan leaflet bertema kewirausaan kepada mitra PKM dengan menggunakan metode tutorial.

Kegiatan pelatihan diawali dengan pemberian materi teknik pembuatan Leaflet dan Kewirausahaan. Kemudian, dilanjutkan dengan praktik membuat Leaflet bertema Kewirausahaan. Peserta PKM dibimbing, baik secara individu maupun berkelompok untuk membuat Leaflet bertema Kewirausahaan. (*)